November 11, 2020

Aku atau Saya

Ada yang lebih suka mengunakan kata saya, ada juga yang lebih senang memakai kata aku. Alasan lebih senang tidak masalah, tetapi sebaiknya dipahami juga mengapa kata saya atau aku yang dipilih dan digunakan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kata aku berarti kata ganti orang pertama yang berbicara atau yang menulis ( dalam ragam akrab ), diri sendiri. Sedangkan kata saya berarti orang yang berbicara atau menulis ( dalam ragam resmi atau biasa ).

Pemilihan kata yang tepat dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan ada etiket yang harus di taati  agar berkesan santun dan tidak sombong. Salah satu contohnya adalah pengunaan kata aku dan saya :

"Berikan aku 1.000 orang tua niscaya akan aku cabut semeru dari akarnya. Berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia" Presiden Sukarno Sering mengunaakan kata aku dalam pidatonya yang retoris dan tampil secara otoritatif. Kalimat yang digunakan terasa heroik, gagah, bergelora penuh semangat dan sebagai sosok pemimpin dan panutan rakyat secara posisi sosialnya menjadi lebih tinggi dari pada rakyat. Bandingkan jika yang digunakan bukan aku tetapi saya tentu pidato itu akan terasa lembek dan tidak mengugah jiwa.

"Saya berharap bapak berkenan menerima saya bekerja di perusahaan ini"Kalimat ini memberikan muatan etis, santun, dan nyaman berkomunikasi. Bandingkan jika kata saya dalam kalimat itu diganti dengan kata aku tentu akan menimbulkan kesan sombong dan timbul suasana tidak nyaman.

Ilustrasi diatas menunjukan bahwa kata aku dan saya memiliki  arti yang sama yaitu sama-sama kata ganti orang pertama tunggal. Kata saya merupakan pengalan kata majemuk hamba sahaya, kata saya sangat tepat digunakan didalam berkomunikasi dengan orang yang lebih tua dan lebih tinggi status sosialnya.

So,,,kata mana yang paling sering kamu gunakan dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulis, itulah karaktermu.


#Day3NovAISEIWritingChallange



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Anti Korupsi

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menumbuhkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi disekolah, salah satunya memasukkan k...