September 12, 2020

Ceritaku

Sebuah gebrakaan baru yang dilontarkan oleh Pak Dhe Susanto S.Pd Seorang Blogger Musi Rawas yang sangat menginspirasi mengajak kami para guru untuk menambah konten di dunia digital dengan Blog. Mengutip dari kata-kata yang disampaikan oleh pak Johan Wahyudi S.Pd selaku Sekretaris PGRI Mura beliau mengatakan,,,,Di Era 4.0 guru yang baik bila dapat meninggalkan kebaikan melalui jejak rekam digital yang bisa dibaca kapan pun oleh siapapun,,,bermula dari sinilah motivasi aku mulai tersulut untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Gayung bersambut,aku adalah orang pertama yang masuk dalam daftar peserta belajar Nge-blog. Antusias Guru Hebat Musi Rawas sangat luar biasa,tidak membutuhkan waktu lama list pendaftaran ditutup untuk 70 orang peserta.

Disamping untuk melatih,mengasah guru untuk terampil menulis blog ini juga dapatmenjadi alternatif bagi guru sebagai media pembelajaran ditengah pandemi Covid 19 yang sedang mewabah.

Pertemuan pertama di mulai pada hari selasa, 8 September 2020 mulai pukul 19.40 s.d 21.40 WIB. Narasumber adalah  Guru Blogger Musi Rawas Pak Dhe Susanto,S.Pd,Guru di SDN P Mardiharjo juga sebagai SekBid Infokom PGRI Musi Rawas. Kegiatan ini dengan metode belajar melalui grup WA yang di pandu oleh moderator Bapak Johan Wahyudi,S.Pd Selaku Sekretaris PGRI Musi Rawas.


Pada pertemuan pertama,kegiatan  dibuka oleh Ketua PGRI Musi Rawas H.Hermansyah,S.Pd.M.Si, yang sangat mendukung kegiatan belajar Nge-Blog Guru Hebat Musi Rawas.



Materi pertama yang kami terima adalah menginstal aplikasi blog di HP, selanjutnya mengaktifkan fitur-fitur yang ada di aplikasi blog. Berkat kepiawaian Pak dhe Susanto dalam menyampaikan materi yang sangat simpel dan mudah di pahami materi pertama sudah dapat di terapkan.

http://yusni-yusni.blogspot.com,,,ini adalah alamat Blog ku, dari sinilah publikasi pertama ku di luncurkan. Pengalaman yang sangat mengesankan.

Tidak terasa kita sampai pada pertemuan kedua pada hari Jumat pukul 19.40. Materi yang dibahas adalah mengaktifkan Profil, Label dan Arsip Blog. Meskipun dalam kondisi sakit Pak Dhe Susanto tetap memberikan bimbingan nya dengan tekun, Al hasil kami dapat mengeksekusi materi yang disampaikan dengan menerapkan langsung di blog. Usaha tak menghianati hasil, tampilan blog ku mendapat apresiasi jempol dari pak Dhe.



Aku adalah Blogger amatiran. Dari konten yang telah aku publikasikan ada beberapa teman yang minta bantuan aku untuk menjadi mentor blog nya,," Yusni ajarin dong " dengan senag hati aku membantunya,ini artinya semakin mengasah kemampuan ku sendiri dalam blog. Bak mentor profesional aku sampaikan langkah-langkah blog. Walaupun tidak sepenuhnya belajar dari aku beliau sukses mempublikasikan blognya dengan tampilan yang menarik.

Semakin hari semakin membuat aku jatuh cinta sama konten blog. Aku berkunjung ke blog nya Guru besar blogger Indonesia Wijaya Kusuma yang akrb di pangil Om Jay. Tak luput juga Guru Bloger  Musi Rawas Pak Dhe Susanto yang biasa aku pangil Pak Dhe. Semakin memupuk motivasi aku untuk terus belajar menulis.

Waktu terus berpacu, berkat kepiawaian ku berkomunikasi, Aku mendapat rekomendasi dari pak dhe Susanto Untuk belajar menulis dengan guru besar Bloger Indonesia Om Jay. Tak perlu menunggu lama dalam hitungan menit aku mendapat respon positif dari Beliau. Aku masuk menjadi anggota menulis gelombang 5 asuhan Om Jay. Luar biasa,,, Padahal menurut informasi Grup belajar menulis sudah di posisi gelombang 15. Kata Pak dhe Susanto, itu awal yang baik, ikuti dengan baik.

Hari Jumat pukul 19.30 adalah hari pertama aku mengikuti materi Belajar Menulis Gelombang 5. Tema materi pertama yang aku ikuti adalah Membangun Branding Melalui Blog Dan Media Sosial yang disampaikan oleh Namin AB Solihin Education Blogger Founder motivatorpendiddikan.com. Di lain kesempatan akan aku buat resume materinya.

Lanjut malam ini pertemuan online terakhir Belajar Nge Blog,semoga semua dalam keadaan Sehat,,,Aamiin,,,



















8 komentar:

  1. Resume yang lengkap. ATM (Ayo Terus Menulis)

    BalasHapus
  2. Terima kasih pak dhe πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    BalasHapus
  3. Ok,,,terima kasih motivasi nya om jay
    πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    BalasHapus
  4. Keren...πŸ‘πŸ‘kapan2 kita bisa belajar nih😁😁

    BalasHapus

Pendidikan Anti Korupsi

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menumbuhkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi disekolah, salah satunya memasukkan k...