November 06, 2020

Kompetisi Sains Madrasah Online 2020

Kompetisi Sains Madrasah adalah sebuah ajang kompetisi dalam bidang Sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kompetisi Sains Madrasah yang di singkat KSM sebuah perhelatan akbar yang selalu dinantikan oleh semua jenjang Madrasah setiap tahunnya. 

Kompetisi Sains Madrasah terbagi dalam tiga jenjang  yaitu MI, MTs dan MA. Untuk MI, bidang yang dilombakan adalah Matematika terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi. Untuk MTs, bidang yang dilombakan Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi, dan IPS Terintegrasi.

Untuk Madrasah Aliyah, ada enam bidang lomba yaitu Matematika terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geograpfi terintegrasi.

Selain kompetisi Sains juga di gelar MYRES Yaitu" Madrasah Young Researcher Super Camp " yang mempresentasikan dan mengelar pameran hasil riset dalam bidang Sains, Sosial, dan Ilmu Keagamaan anak Madrasah se Indonesia.

Berbeda dengan KSM, MYRES hanya digelar untuk tingkat MTs dan MA. Ada tiga bidang riset yang dilombakan, yaitu Ilmu Keagamaan Islam, Ilmu Sosial dan Humaniora, serta Matematika, Sains, dan Pengembangan Teknologi.

KSM Online 2020

Mekipun masih dalam masa pandemi Covid-19 ajang KSM tetap digelar dengan nuansa yang berbeda. KSM dan MYRES tahun ini digelar secara Daring, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan dan penyebaran Covid-19.



Agenda KSMO saat ini sudah sampai pada tahap Simulasi yang telah dilaksanakan pada tanggal 2-3 November 2020. Selanjutnya KSM Online Nasional akan digelar pada tanggal 9-10 November 2020. Madrasahku MI AL Muhajirin Sidomulyo adalah salah satu diantara ribuan peserta KSMO tahun 2020.

 


Usaha dan kerja keras serta dukungan doa sangat kami utamakan, semangat luar biasa anak-anak hebat kami Rekinta Dwi Selfiana Siswi kelas 5 dengan bidang studi IPA Terintegrasi dan dan Anak Kami Novhie Rianti Siswi kelas 6 dengan bidang studi Matematika Terintegrasi. 



Simulasi KSMO Nasional berjalan dengan baik dan lancar. Anak-anak hebat MI AL Muhajirin Sidomulyo dapat mengikuti simulasi dengan baik, mereka tetap semangat menjelang KSMO Nasioanal yang akan segera datang. Selamat berjuang nak,,,

Next KSMO Nasional 9-10 November 2020

Jadilah pemenang diantara sang juara,,,Madrasah Hebat Bermartabat.


#Day2NovAISEIWritingChallange



10 komentar:

Pendidikan Anti Korupsi

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menumbuhkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi disekolah, salah satunya memasukkan k...