Desember 09, 2020

Asesmen Kompetensi Minimum


Apa itu Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM ) ?

AKM adalah ujian kemampuan bernalar mengunakan bahasa ( literasi ) dan kemampuan berlanar mengunakan matematika ( Numerasi ) yang digelar pada jenjang tengah yakni kelas 5,8,9 ( opsional ),11, dan 12 ( opsional ). Dilakukan ditengah dengan alasan agar memberi waktu bagi Sekolah/Madrasah dan Guru-gurunya untuk melakukan perbaikan. Mode yang dilaksanakan berbasis computer full online dengan koneksi internet baik.

Bagi Sekolah/Madrasah dalam pelaksanaan Client/yang digunakan siswa mengunakan Laptop ataupun PC dengan spesifikasi minimal core2,ram 2mbps win7 keatas. Dikomputer client mengunakan Exambrowser Versi ExamBrowser-20.0817.



Selasa (08/12/2020) Simulasi AKM (Asesment Kompetensi Minimum ) sebagai pengganti ujian nasional dilaksanakan serentak seluruh  SD/MI (Madrasah Ibtidaiyah) . Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimal MI Al Muhajirin Sidomulyo bertempat di ruang Laboratorum MTsN Musi Rawas yang didukung perangkat komputer yang sangat memadai dan jaringan internet yang stabil.Siswa-siswi yang mengikuti simulasi AKM ini sebanyak 5 siswa yang merupakan siswa kelas 4 yang akan menjadi target sampel AKM di 2021 nanti.

 


Simulasi dilaksanakan pada pukul 11.00 siang berlangsung dengan lancar meskipun sedikit kendala, khususnya dalam hal jaringan listrik yang sempat padam sesaat. Perangkat komputer yang sangat mendukung saat mengakses aplikasi dan jaringan internet yang stabil, memudah kan siswa untuk mengerjakan soal ujian.



Siswa mendapat tiga macam jenis soal yaitu, literasi, survei karakter, dan numerasi. Dalam simulasi ini siswa didampingi langsung proktor dalam menjalankan aplikasi tersebut. Kegiatan simulasi Akm  berjalan dengan lancar dan tertib siswa dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.



#8DesAISEIChallenge

14 komentar:

  1. Alhamdulilah bisa berjalan lancar buk..

    BalasHapus
  2. Ilmu lagi nih...
    Sering baca istilah AKM dan baru mendapatkan ilmunya disini..
    Terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus
  3. Sdah mulai simulasi AKM untuk SD ya bu

    BalasHapus
  4. Alhamdulilah dapat Ilmu tentang AKM...terimakasih banyak Bunda....sehat selalu..makin sukses dg Karya2

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Uji coba ujian model baru. Saya baru baca wacananya. Di tempat ibu malah sudah praktik simulasi AKMπŸ‘πŸΌ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat menyenangkan bu,,anak anak antusias suka banget

      Hapus
  7. Mantap, buπŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ

    BalasHapus

Pendidikan Anti Korupsi

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menumbuhkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi disekolah, salah satunya memasukkan k...