Desember 30, 2020

Menulis Fiksi


Seeemmmannggattttt pagiiiii sahabat Lage,,,
Tema Lagerunal #SelasaBerbagi  pada tangal 29 Desember 2020 adalah  Menulis Fiksi dengan nara sumber Bapak Sudomo, S.Pd  dan didampinggi oleh Moderator cantik Ibu Aam Nurhasanah S.Pd
Kali ini saya tidak membuat resume materi, tapi akan mencoba merefleksikan materi berupa menulis Tema dan  Premis. 

Tema
  • Langit Malam
  • Setitik Bintang
  • Siswa Biasa
  • Kecerdasan yang tersembunyi
  • Sisi lain yang berbeda

Premis

Kupandang langit malam yang gelap, hanya ada rembulan yang memantulkan sebagian dari cahaya matahari, tak ada bintang yang terlihat semua bersembunyi dibalik awan, Fajar,,,seorang siswa yang kecerdasannya kurang menonjol justru tahapan mengambar nya dua tingkat lebih tinggi, seandainya saja saya memberikan reaksi yang lain mungkin tidak akan pernah tahu bahwa dia memiliki kecerdasan yang luar biasa.

Bintang
Saya duduk di samping jendela, memandang langit yang gelap, hanya ada rembulan yang memantulkan sebagian dari cahaya matahari. Tak ada bintang yang terlihat, semua bersembunyi dibalik awan, barangkali malu untuk kulihat, Awan bergerak perlahan, memberikan seni tersendiri di kegelapan malam. Ahh, ternyata ada satu bintang di balik awan, senyumnya tersungging di balik bibirnya yang mungil. Ya Rabb, ternyata setitik cahaya pun bisa memberikan keindahan yang luar biasa diantara luasnya langit yang gelap di malam hari. 

Seperti setitik bintang di kegelapan malam, terkadang kita tak menyadari ada cahaya kecil dalam malam yang gelap, yang kita berinama “bintang”. Betapa indahnya cahaya itu walaupun tak bisa menerangi malam sepenuhnya. Tapi, lain halnya ketika kita melihat ada setitik noda di atas kain putih yang membentang. Kita justru terfokus pada noda yang kecil, dan seolah lupa betapa bersihnya kain itu terlepas dari setitik noda yang ada, yang mungkin bisa hilang hanya dengan sedikit detergent pemutih. Itulah hidup, kadang-kadang kita lupa untuk memandang sesuatu dari sisi lain yang dimiliki.

Saya, memiliki seorang murid yang saya pikir kecerdasannya kurang menonjol dibanding lainnya. Suatu hari, ketika kami tengah membicarakan sistem tata surya, hanya sebagai pengetahuan bahwa bumi merupakan salah satu planet dalam sistem tata surya yang menjadi tempat tinggal manusia, murid saya itu, sebut saja namanya Fajar, tiba-tiba berdiri dan mengambil helm milik guru lain yang disimpan diatas loker dalam ruang kelas serta memakainya. Tanpa saya sadari saya berkata kepadanya :”Wah,,,teman-teman, lihat!! Fajar memakai helm, seperti astronot yang mau terbang ke bulan ya…”. Semua teman-temannya memandang ke arahnya, dia tersenyum, spontan helmnya langsung di lepas dan dikembalikan ke tempat semula.  Kemudian saya ajak mereka untuk menggambar roket di atas kertas putih yang tersedia. Dan hasilnya, Subhanallah, murid yang saya pikir kecerdasannya kurang menonjol itu justru tahapan menggambarnya dua tingkat lebih tinggi dibanding murid yang saya pikir paling pandai di kelas.

Seandainya saja saya memberikan reaksi yang lain seperti :”Fajar, silakan dikembalikan helmnya karena sekarang saatnya kita belajar”, atau :”Maaf, silakan dikembalikan helmnya karena Fajar belum minta ijin bu guru”, atau yang lainya, mungkin saya tidak akan pernah tahu bahwa kecerdasan dia sudah lebih dari apa yang saya sangka karena pembahasan hari itu bukan tentang astronot atau roket. Atau barangkali saya membutuhkan lebih dari satu kalimat perintah untuk membuatnya mengembalikan helm ke tempat semula.

 Hidup ini indah, cobalah kita memandang sesuatu dari sisi yang lain, maka yang tampak bukan hanya sekedar 2 dimensi. Bukankah lebih seru ketika kita melihat film 3 dimensi???

#Lagerunal SelasaBerbagi

13 komentar:

  1. Mantap Bu...
    Koreksi dikit yaaaah...penulisan moderator, ibu Aam Nurhasanah, S.Pd dan penulisan repleksi harusnya refleksi bukan yaaa...

    BalasHapus
  2. Wah keren menjawab tantangannya tuntas 5 pasang tema n premis, mantul..

    BalasHapus
  3. Keren, Bu. Hanya saja premisnya belum pas. Coba dilebur menjadi satu kalimat.

    BalasHapus
  4. Waaw sdh mnjawab 5 tantangan buk.. Lnjutkn jd cerpen

    BalasHapus

Pendidikan Anti Korupsi

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menumbuhkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi disekolah, salah satunya memasukkan k...