Januari 01, 2021

Selamat Datang 2021

Waktu telah mengantarkan kita pada satu titik pemahaman
bahwa kita bisa. Kini kita harus berjalan dan terus melangkah untuk kesuksesan. Jajaki kesuksesan dengan semangat kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas. Semoga waktu tak membuat kita lupa, bahwa kita punya cerita.

Bagi saya kesabaran adalah esensi kesuksesan. Sukses membutuhkan kerja keras, fokus, ketekunan, dan persistensi dalam kurun waktu panjang. Karena itu sukses butuh ekstra kesabaran. Ungkapan ini bagi sebagian besar orang mungkin dianggap jadul, kuno bahkan menjadi bahan tertawaan. Sama dengan ungkapan Jawa: “alon-alon waton klakon” yang dianggap usang dan mengalami pemiskinan makna.

Wajar, karena di tengah dunia yang serba cepat, semua-semua haruslah cepat, termasuk kesuksesan. “Sukses yang lambat mah nggak cool, kuno, jadul!!!” begitu kira-kira kata para young digital entrepreneurs.

Tak Ada yang Instan, kita bisa saja berteriak keras “saya bisa!!!” untuk sebuah motivasi, namun seringkali kita menggampangkan kenyataan bahwa “bisa” itu membutuhkan kemampuan, perjuangan, ketekunan, disiplin, dan persistensi selama setahun, lima tahun, bahkan puluhan tahun. Kita maunya perjuangan dan kerja keras setahun, lima tahun, atau puluhan tahun itu “dimampatkan” menjadi hanya beberapa detik saat kita bersemangat meneriakkan “saya bisa!!!”.

Sukses itu butuh perjuangan tak kenal lelah dalam waktu lama. Sukses butuh kesabaran melakukan hal-hal kecil dalam jumlah besar, dalam kurun waktu lama. Sukses butuh proses, bukan sesuatu yang instan. Sukses tak semudah dan secepat seperti diomongkan para motivator/inspirator dalam sebuah seminar.

Sukses itu  perlu waktu. Gampang saja argumentasinya, karena sukses membutuhkan kemampuan, ekspertis, pengalaman, kearifan, kerja keras, fokus, disiplin, dan ketekunan, yang semua itu membutuhkan waktu untuk memupuknya. Semakin panjang waktu untuk memupuk kemampuan dan pengalaman, maka semakin matang pula kemampuan dan pengalaman itu, sehingga semakin kokoh pula pondasi kesuksesan yang akan kita tuai.

Sukses adalah buah kerja keras, ketekunan,  dan tahan banting dalam jangka panjang. Karena semua itu membutuhkan waktu lama maka kuncinya adalah kesabaran. Semua itu membutuhkan proses tahap demi tahap, lapis demi lapis, sampai pada akhirnya tujuan yang kita harapkan bisa terwujud.

Selamat Datang 2021

11 komentar:

  1. Cetar... Langsung dapat Asupan Gizi Literasi di Pagi Hari.

    Terimakasih, Selamat datang Tahun Bioskop

    BalasHapus
  2. Semoga 2021 menghantarkan kita menuju kesuksesan ya Bun..
    Salam sukses ya Bun...

    BalasHapus
  3. Semoga apa yang kita cita cita berhasil...

    BalasHapus
  4. Sukses butuh waktu dan kesabaran... Semangat bund. Semoga asa seindah kenyataaan

    BalasHapus
  5. Keren ide tulisannys... semangat terus untuk sukses..

    BalasHapus
  6. Waaw..mbahana buk..2021 mngantarkn kita pd kesuksesan.. Aamiin

    BalasHapus

Pendidikan Anti Korupsi

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menumbuhkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi disekolah, salah satunya memasukkan k...