Desember 22, 2020

Mengapa Ada Hari Ibu

Mbak Salsa ( anak pertama ) : Selamat hari Mamiiiiii
Twindi  ( anak ke ketiga ) : selamat hari mamiiiii
Twinda ( anak ke dua ) :  kenapa ada hari mamii ???

Kepada semua yang bergelar Ibu, Mak, Emak, Umi, Mummy, Mom, Mama, Mami, Bunda,,,bersyukurlah, berbahagialah, dan bersemangatlah.

Hari ini, 22 Desember 2020, merupakan peringatan Hari Ibu di Indonesia.

Ibu, kata yang sarat makna. Ribuan puisi mungkin telah banyak dibuat oleh para penyair. Tetapi maknanya akan sangat berbeda bagi setiap orang.  Ibu adalah sang penyelamat, ibu adalah cahaya hidup,ibu adalah sahabat, orang yang menemani saat sakit, selalu setia mendengarkan anaknya, dan bahkan satu kata Ibu bisa mengandung seribu makna. 

Kasih sayang ibu sepanjang masa. Itulah ungkapan yang sangat sering kita dengar. Bukan tanpa sebab, karena pada kenyataannya memang Ibu selalu menyayangi kita bahkan sampai akhir hayatnya. Jasanya tidak terbendung dan tidak terhitung banyaknya, sejak kita lahir ke dunia ini dan pertama kali menangis, sang ibulah yang menyambut kita dengan kebahagiaan dan penuh harapan. 

Mungkin kita bak permata bagi Ibu, di setiap doanya selalu disebut nama kita walaupun tanpa kita ketahui. Nama yang diberikan kepada kita juga adalah sebuah doa, harapan dari seorang Ibu kepada anaknya.

Hari Ibu diperingati setiap tahun sejak tahun 1938.Tanggal 22 Desember dipilih sebagai Hari Ibu di Indonesia untuk mengenang momentum  22 Desember 1928, kala pertama kalinya digelar Kongres Perempuan Indonesia. Gagasan peringatan Hari Ibu ini muncul saat Kongres Perempuan III pada 1938. Tujuan peringatannya adalah memperjuangkan kemerdekaan dan memperbaiki keadaan perempuan Indonesia.  Selain mencetuskan Hari Ibu, Kongres Perempuan III juga membawa isu berupa perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, menghentikan pernikahan dini, serta perdagangan perempuan dan anak ( Wikipedia )

Peringatan Hari Ibu tak hanya ada di Indonesia. Dunia dan sejumlah negara juga melakukan peringatan Hari Ibu.

Selamat Hari Ibu Untuk Semua Ibu 

#18DesAISEIChallenge 


7 komentar:

Pendidikan Anti Korupsi

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menumbuhkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi disekolah, salah satunya memasukkan k...